Selasa, 22 Januari 2013

KARYA ILMIAH

Nama : Ricky Wahyudi
kelas : 3kb01
NPM : 25110898

Tugas : 4
KARYA ILMIAH
Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Tujuan Karya Ilmiah
  • Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
  • Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
  • Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
  • Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
  • Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

MANFAAT KARYA ILMIAH

Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:
  • Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;
  • Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;
  • Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
  • Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;
  • Memperoleh kepuasan intelektual;
  • Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
  • Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya
CONTOH LATAR BELAKANG MASALAH DAN TUJUAN PENULISAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Pada praktikum Mikroprosesor, praktikan tidak hanya belajar dalam bentuk teori saja, melainkan dituntut  untuk praktek dan  meyusun atau merangkai komponen elektronika menjadi sebuah alat yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, dengan cara ini praktikan mampu membuktikan teori-teori yang terdapat pada modul praktikum. Selain membuat alat, praktikan juga harus membuat bentuk alat peraga yang dibuat atas dasar alat yang dibuat, sehingga para praktikan memiliki pengetahuan lebih dalam membuat suatu rangkaian aplikasi Mikroprosesor.
  Automatic Roof adalah sebuah sistem yang mengatur buka dan tutup atap rumah sesuai kondisi cuaca. Salah satu contoh keuntungan dari alat ini adalah kita dapat menjemur pakaian dengan santai tanpa perlu khawatir pakaian kita akan kehujanan, karena atap akan menutup secara otomatis saat terjadi hujan.
Di zaman modern ini semua kegiatan manusia dibuat serba praktis dengan adanya teknik otomatisasi. Otomatisasi adalah sebuah teknik yang bekerja secara otomatis berdasarkan  respon tanpa adanya campur tangan manusia. Hal-hal yang sulit dikerjakan dan berbahaya pun dapat digantikan oleh teknik otomatisasi ini. Salah satu dari contoh teknik ini adalah Automatic Roof. Automatic roof adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuka atau menutup atap, yang biasa digunakan apabila hujan maka atap akan menutup dan jika cahaya muncul maka atap akan terbuka, dalam kehidupan sehari-hari alat ini bisa digunakan untuk tempat menjemur pakaian, apabila hujan atap secara otomatis tertutup dan pakaian yang sedang dijemurpun tidak akan terkena hujan, dan membuat pemilik rumah tidak khawatir tentang jemurannya tersebut.
Berdasarkan uraian yang penulis jelaskan, alat yang penulis pilih masih ada hubungannya dengan teori yang terdapat di modul praktikum yang dipelajari. Pada rangkaian Automatic Roof ini terdapat 2 buah sensor yaitu sensor air dan sensor cahaya, selain itu pula terdapat motor DC yang berguna untuk menggerakan atap terbuka atau tertutup, dan komponen yang paling penting dalam alat ini adalah IC AT89S51, IC mikrokontroller yang memiliki beberapa keuntungan dan keunggulan, antara lain tingkat kendala yang tinggi, komponen hardwere eksternal yang lebih sedikit, kemudahan dalam pemrograman. Dan hemat dari segi biaya. IC AT 89S51 memiliki program internal yang mudah untuk dihapus dan diprogram kembali secara berulang – ulang.
1.2  Batasan Masalah
Automatic Roof  merupakan alat yang bekerja berdasarkan kondisi cahaya dan kondisi hujan. Oleh karena itu pembahasan tentang Automatic Roof disini hanya berkisar antara penggunaan sensor LDR dan sensor air, serta respon dari alat ini berupa Motor DC yang menggerakan atap dantampilan kondisi cuaca di LCD Display.
1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah menjelaskan tentang cara pembuatan alat dan teknik otomatisasi dari alat Automatic Roof  yang menggunakan sensor LDR dan sensor air, berdasarkan   pemrograman yang ditanamkan didalam IC mikrokontroler. Adapun  tujuan  yang  lebih  lanjut  dari penulisan laporan ini adalah :

1.      Memberikan  penjelasan  dan  cara  kerja  secara  garis  besar  dari  proyek elektronika yang telah dibuat.
2.      Memberikan  pengenalan  dasar  tentang  rangkaian  Automatic roof,  serta komponen-komponen dalam Rangkaian ini.
3.      Sebagai  syarat  kelulusan  dan  syarat  untuk  mengikuti  Ujian  Akhir  Semester pada Semester ini tahun ajaran 2012/2013.
4.      Menambah  wawasan  penulis  mengenai  perkembangan  didalam  bidang elektronika.
5.      Melatih penulis dalam karya tulis.
Sumber :
1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah
2.   http://dickysmk3.blogspot.com/
3.   makalah Autoroof

Tidak ada komentar:

Posting Komentar